MEMAHAMI KURIKULUM_SERI PAKEM 2


MEMAHAMI KURIKULUM

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran. Undang-Undang tersebut juga berisi tentang
pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.Kelas yang memiliki siswa aktif, siswa yang memahami konsep secara mendalam, kreatif, kritis serta mampu berkomunikasi dengan baik merupakan hasil dari proses pembelajaran yang berkualitas tinggi. Proses pembelajaran tersebut dimulai dengan pengembangan program yang dihasilkan oleh seorang guru yang mampu mewujudkan pesan kurikulum dengan baik.
Hal di atas menunjukkan bahwa guru memegang peranan yang sangat penting untuk
meningkatkan kompetensi siswanya. Di tangan para gurulah siswa memiliki kesempatan untuk memaksimalkan potensi belajarnya. Pemahaman yang mendalam terhadap konten kurikulum, penguasaan metode mengajar serta komitmen yang tinggi terhadap pendidikan setiap siswanya merupakan komponen penting agar kualitas pendidikan bangsa bisa semakin baik.

Pada dasarnya, perubahan kurikulum merupakan suatu keniscayaan, akrena mengikuti perubahan jaman. tetapi apapun kurikulumnya tidak akan berarti apa-apa, tidak akan terjadi perubahan apapun jika gurunya tidak mau merubahnya. pada intinya semua tergantung dengan guru.

-newline”> Pembelajaran yang meningkatkan kreatifitas siswa perlu memperhatikan:
 pengelolaan siswa
 penugasan/jenis pertanyaan
 pemanfaatan media pembelajaran
 Kompetensi yang akan dikembangkan
 Jenis penilaian yang digunakan

ne”> Jantungnya sekolah adalah kelas
Paru-parunya kelas adalah pembelajaran.
Guru adalah peniup O2 bagi keberhasilan pembelajaran.
 Peran guru sangat penting dalam mengimplementasikan kurikulum di dalam kelas.
 Kurikulum akan bermakna apabila guru memahami pesan dari setiap kompetensi
dan mampu menerjemahkannya ke dalam pembelajaran sehari-hari.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s